Kamis, 11 Desember 2014

Tagged Under:

Pulau LEMUKUTAN

Share
PROFIL
Pantai di sebelah barat pulau Kalimantan sangat banyak.  Jika melihat ke Utara Kota Pontianak sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Barat, maka akan terlihat beberapa potensi wisata pantai dan kepulauan yang begitu mempesona. Salah satu perjalanan wisata yang menjadi andalan di Kalimantan Barat adalah Wisata Bahari, tempat wisata seperti Pasir Pajang, Pantai Kijing, Pantai Kura-kura, wisata pulau Temajo, pulau Randayan dan masih banyak pantai lain yang tersebar di sepanjang utara dan selatan dari Kota Pontianak.
Dari berbagai macam tempat wisata yang ada, kami tertarik pada salah satu pulau yang berada di Kabupaten Bengkayang. Pulau ini memiliki keunikan tersendiri baik dari Kondisi Alam, Sosial Kemasyarakatan dan Kultur budaya.  Pulau tersebut bernama Pulau Lemukutan.

Kampung Wisata Pulau Lemukutan
Di kampung nelayan yang telah dicanangkan Kabupaten Bengkayang sebagai desa wisata ini para wisatawan siap dimanjakan dengan aneka jenis wisata, seperti wisata hutan, wisata pantai,
  
Daya Tarik Kampung Pulau Lemukutan adalah suasana alami, asri, dan eksotik. Begitulah kesan wisatawan ketika berada di kampung Wisata Pulau Lemukutan  Kesan tersebut telah dapat dinikmati tatkala menempuh perjalanan dari Dermaga Teluk Suak menggunakan perahu bermesin tempel. Di sepanjang perjalanan, wisatawan akan berdecak kagum melihat bening air laut, serta barisan perbukitan, Udaranya yang bersih dan hembusan angin penyejuk di kala teriknya matahari. melengkapi kepuasan wisatawan berekreasi ke kampung nelayan tersebut.

Suasana eksotis  akan langsung menyergap wisatawan, begitu menginjakkan kaki di kampung wisata tersebut. Sebab, berbeda dengan desa nelayan pada umumnya yang akrab dengan hamparan pasir, sebagian besar wilayah Kampung Wisata Pulau justru diselimuti batu koral hitam. Ke arah mana saja mata memandang, hanya hamparan batu alam mengkilap yang terlihat. Begitu juga, kemana pun kaki dilangkahkan, suara batu koral yang terinjak senantiasa terdengar. Batu-batu koral itu juga dapat digunakan sebagai tempat pijat refleksi alami telapak kaki.

Kampung  yang terdiri dari dusun yaitu: Dusun Teluk Surau, Tanjung Palembang, Teluk Melanau Timur, Teluk Cina yang terletak di sebelah  timur pulau, dan  Tanjung Panjang, Melanau Barat, Teluk Meruhum, Teluk Besar.  dihuni sekitar 500 kepala keluarga (KK) ini terletak pada kerapian administratif kampungnya. Meskipun hanya kampung kecil dan berada jauh di Tengah laut, kampung ini sudah tertata secara baik. Misalnya, di kampung adat ini sudah ada RT dan RW.

Sambutan masyarakat yang hangat dan bersahabat dengan orang asing, kian mengukuhkan betapa spesialnya bertamasya ke Pulau Lemukutan. Mengakrabkan diri dengan masyarakat kampung ini terbilang mudah dan murah. Hanya dengan keramahan dan sikap aktif kepada penduduk, wisatawan sudah dapat meleburkan diri dengan masyarakat setempat.

Seperti umumnya pulau yang terletak jauh di tengah laut, pulau Lemukutan memiliki air laut bening dan ditumbuhi terumbu karang hampir disepanjang garis pantai pulau. Dengan berbagai jenis ikan beragam bentuk dan warna, pemandangan bak surga bagi para wisatawan yang penat disibukan aktivitas keseharian.

Sesampai di Pulau Lemukutan ada baiknya kita beristirahat terlebih dahulu. Disini anda tak perlu khawatir mengenai akomodasi dan penginapan. Pulau ini telah memiliki sarana akomodasi dan  penginapan dengan  pemandangan yang menghadap laut lepas. yaitu penginapan didekat dermaga teluk Cina.

Sebaiknya anda bersantap terlebih dahulu agar perut tidak keroncongan, sebelum melakukan aktivitas lain, tentu saja snorkeling adalah aktivitas utama di tempat ini.

Pulau Lemukutan merupakan pulau yang unik, selain memiliki pemandangan yang indah dan menarik, Kehidupan Sosial Masyarakat yang sebagian besar adalah nelayan juga menjadikan desa ini sebagai desa alami untuk dapat dikunjungi secara simultan. Jika anda seorang bisnisman atau karyawan swasta yang ingin menjauh dari kesibukan kota untuk sejenak, maka pulau ini dapat menjadi alternative wisata di Kalimantan Barat dengan pesona yang tak kalah indah dengan objek-objek wisata disekitarnya.

Belum lagi pemandangan bawah lautnya dengan hamparan terumbu karang yang dihiasi warna warni berjenis-jenis ikan yang begitu mempesona.

Sebelah Barat Pulau Lemukutan langsung menghadap Lautan Cina Selatan menjadikan pulau Lemukutan sebagai pulau terluar disebelah barat Kalimantan sehingga pemandangannya langsung berhadapan dengan matahari terbenam. Tentu menjadi sebuah kenangan tersendiri untuk menikmatinya bersama kolega dengan suasana penuh keakraban.


Dari teluk melano menyusuri jalan semen (Rabat Beton) lebih tiga kilometer kearah utara terdapat satu dusun yang cukup padat penduduknya yaitu dusun teluk Cina, dusun ini juga memiliki dermaga yang menjadi pusat hilir mudik perahu baik perahu nelayan maupun perahu angkotan penumpang dan barang,  Di sebut dengan nama dermaga teluk Cina.
Dusun Teluk Cina merupakan dusun paling utara dari sisi timur pulau lemukutan, dan juga penghujung jalan Beton.

Tanjung Porok terletak sejauh 1 km (+- 30 menit jalan kaki ) sebelah utara Teluk Cina, Jalan darat  menuju Tanjung Porok berupa jalan tanah di sepanjang pesisir pantai, pemandangan laut indah di satu sisi, di sisi lainnya   deretan perkebunan cengkeh, pala dan berbagai jenis pohon buah-buahan menjadikan perjalanan tidaklah melelahkan, pengunjung tidak habis-habisnya memuji keindahan pemandangan di sepanjang jalan menuju tanjung porok, sesekali mampir untuk mengabadikannya dengan kamera.

Tanjung Porok terletak diluar dari perkampungan penduduk, sebetulnya lokasi ini merupakan kebun penduduk, yang di Tanami berbagai jenis Buah, dan tentu saja Pala dan cengkeh sebagai komoditas perkebunan utama di pulau ini, di lokasi ini terdapat empat buah pondok penampungan hasil kebun sekaligus sebagai pondok nelayan,  yang telah di sulap menjadi penginapan bagi para pengunjung yang ingin bermalam di tanjung porok. Jauh dari pemukiman  dengan pemandangan laut biru di sebelah timur dan di kelilingi pohon  cengkeh di sebelah yang tumbuh  hingga di puncak Bukit, menjadikan lokasi ini sangat layak sebagai tempat berlibur bagi rombongan pengunjung.

Lokasi penginapan  persis di pinggir laut, walaupun berupa pondok sederhana namun lumayan bersih dan terasa sangat nyaman.

1 komentar:

Come Join Us!

Segera hubungi kami melalui email untuk pemesanan paket wisata ke pulau Lemukutan.

Nama Email * Pesan *

Our Location